Slider

Lokakarya “Sosialisasi Perpres No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan barang/Jasa Pemerintah” dan Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan VIII

Lokakarya “Sosialisasi Perpres No. 16 tahun 2018 tentang Pengadaan barang/Jasa Pemerintah” dan Penyambutan Mahasiswa Baru Angkatan VIII

 

Lokakarya ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 September 2018 di Aula lantai 3 Gedung Pascasarjana USU. Adapun peserta yang berhadir dalam kegiatan ini sebanyak 30 orang. Pemateri kegiatan lokakarya ini adalah Dohar Pasial Girsang, S.Pt, MMPP dari lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang juga alumni MMPP USU.

 

IMG 20180901 WA0051

 

Alumni, Mahasiswa, Pimpinan Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) dan Direktur Sekolah Pascasarjana USU diabadikan bersama usai Lokakarya Sosialisasi Perpres No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Universitas Sumatera Utara, (1/9/18).

 

40467622 10157567030618238 7820460259977199616 n

 

Para Alumni Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) yang berkolaborasi dengan  Mahasiswa Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) Sekolah Pascasarjana USU menyelenggarakan Lokakarya Sosialisasi Perpres No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah di Aula Pascasarjana Gedung Baru, Universitas Sumatera Utara, (1/9/18).

Dalam kegiatan yang dilakukan oleh alumni ini,di daulat Bapak Dohar Paisal Girsang, S.Pt, MMPP, CCMs, CTM yang bekerja di Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) yang juga merupakan Alumni Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP) Universitas Sumatera Utara menjadi narasumber dalam kegiatan ini.

 

40471703 10157567030753238 2356207827246120960 n

 

Dalam materinya Paisal menjelaskan “Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah memiliki peran penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional untuk peningkatan pelayanan publik dan pengembangan perekonomian nasional dan daerah. Untuk itu hal ini sangat penting untuk diketahui oleh stakeholder yang berkecimpung dalam proyek pengadaan barang/jasa pemerintah maupun mahasiswa dan masyarakat umum agar dapat mengawasi jalannya program pengadaan barang dan jasa yang sedang berjalan”.

 

Paisal mengatakan, sebesar 70% APBN dialokasikan untuk Pengadaan Barang dan Jasa. Sebesar 80% kasus korupsi terjadi bidang Pengadaan Barang dan Jasa. Oleh karena itu bidang ini merupakan bidang yang penting dan membutuhkan pegawai yang kompeten dan menguasai dengan baik peraturan dan undang-undang pengadan barang dan jasa pemerintah. Kondisi saat ini, bagian Pengadaan barang dan jasa di setiap instansi kurang diperhatikan kualitas dan kuantitas sumber daya manusianya sehingga hanya sedikit pegawai yang menguasai dan paham bidang ini dan dengan jumlah pegawai yang sedikit. Sumber Daya Manusia (SDM) yang mengerti dan paham tentang hal tersebut sangat sedikit," ujar Paisal.

 

Prof Dr Robert Sibarani MSi selaku Direktur Sekolah Pasca Sarjana USU dalam kata sambutannya mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan Lokakarya Sosialisasi Perpress No. 16 Tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang / Jasa Pemerintah yang dipersembahkan oleh Ikatan Alumni Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP). Dalam kata sambutannya tersebut beliau juga berpesan kepada alumni dan mahasiswa USU terkhusus prodi MMPP USU agar selalu memiliki karakter BINTANG.“ Bintang sendiri merupakan singkatan dari Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam bingkai kebhinekaan. Inovatif dan berintegritas. Tangguh dan Arif,” ungkap Direktur Sekolah Pasca Sarjana USU.

 

Kegiatan lokakarya ini diikuti oleh segenap Mahasiswa MMPP, Alumni, Dosen, dan Pimpinan beserta kasubbag dan staff Sekolah Pascasarjana USU bagian perlengkapan. Program studi MMPP berdiri sejak tahun 2011 dengan akreditasi sampai saat ini B. Saat ini alumni yang banyak  bekerja menjabat di berbagai bidang yaitu sebagai kepada cabang, sekretris, dan pegawai monitoring mutu dan penilaian  di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP), pegawai di perusahaan BUMN seperti  di perbankan (BRI, BNI, Bank Mandiri, BTN, Bank SUMUT), PT. Pemukiman Perumahan, di perkebunan (PTPN 3 dan PTPN 4), developer, konsultan properti, di intansi pemerintah seperti Tata ruang dan pemukiman, dinas tata kota,dan bagian aset serta pengadaan barang dan jasa, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD)  dan berbagai jenis profesi lainnya.     

 

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Program Studi MMPP, Dr Khaira Amalia Fachrudin,SE.,Ak,MBA,CA,MAPPI (Cert), Dr Elisabet Siahaan,SE.,M.Ec selaku sekretaris program studi, Ir. Taslim, MMPP, MAPPI (Cert) selaku Ketua Ikatan Alumni MMPP yang juga merupakan Ketua DPD MAPPI Sumbagut dan Indra Kusuma selaku Ketua Ikatan Mahasiswa MMPP.