Slider

Pengabdian Kemitraan Wilayah Antara Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah dengan USU Melalui Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian USU Bersama Alumni dan Mahasiswa

Pengabdian Kemitraan USU dengan BPPRD Kota Medan

Optimalisasi Pendapatan Daerah Guna Membangun Kota Medan Yang Lebih Baik

 

MEDAN – Sekolah Pascasarjana (SPs) Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian Unviersitas Sumatera Utara (MMPP-USU) melalui Lembaga Pengabdian Pelayanan Masyarakat (LPPM-USU) Universitas Sumatera Utara menjalin kegiatan pengabdian kemitraan dengan Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Medan sejak Bulan Maret 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban dalam pelaksanaan Tri-Dharma Perguruan Tinggi, disamping kegiatan pengajaran dan penelitian. Program kemitraan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pendapatan daerah melalui proses updating objek Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang lebih akurat.

 

Ketua tim pengabdian, Dr. Elisabet Siahaan, S.E.,M.Ec., mengungkapkan bahwa kegiatan updating objek PBB akan menjadi lebih akurat dan efektif dengan meningkatkan kemampuan dan metode pelaksanaan kerja dari petugas validasi PBB, dan juga mendorong partisipasi masyarakat dalam mensukseskan kegiatan tersebut. Optimalisasi pendapatan daerah ini nantinya dapat digunakan sebagai bagian dari pembiayaan pembangunan Kota Medan, khususnya pembangunan infrastruktur. Dengan membayarkan pajak, masyarakat telah aktif berperan untuk pembangunan menuju Kota Medan yang lebih baik lagi. “Realisasi pembangunan Kota Medan tidak akan berjalan lancar tanpa dukungan dari kita semua, masyarakat Kota Medan”, tutur Dr Elisabet Siahaan, M.Ec., yang didampingi oleh anggota pengabdian, Dr. Khaira Amalia Fachrudin, S.E., Ak., M.B.A., dan Hilma Tamiami Fachrudin M.Sc., Ph.D, alumni dan mahasiswa Magister Manajemen Properti dan Penilaian USU.

 

Kegiatan pengabdian kemitraan ini merupakan program multi-tahun yang dilaksanakan oleh tim peneliti bersama dengan BPPRD Kota Medan. “Tahun ini pendampingan akan difokuskan pada dua kecamatan, Medan Marelan dan Medan Kota. Tahun depan akan diperluas lagi ke tiga kecamatan lainnya. Tahun ketiga akan dikembangkan ke tiga kecamatan lainnya serta fokus pada penilaian nilai zona tanah”, tegas Ibu Elisabet Siahaan menyampaikan program pengabdiannya. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan oleh tim dengan pakar dibidang keahliannya masing-masing; Dr Elisabet Siahaan, M.Ec memiliki keahlian di bidang manajemen sumber daya manusia; Dr. Khaira Amalia Fachridin, M.B.A, MAPPI (Cert) memiliki keahlian dalam bidang penilaian; dan Hilma Tamiami Fachrudin, Ph.D memiliki keahlian dalam bidang perecanaan lingkungan dan kota. Selain itu kegiatan pengabdian ini juga melibatkan mahasiswa program studi MMPP USU dengan tujuan pendampingan sekaligus proses belajar lapangan guna memberi kesempatan pengaplikasian kajian keilmuan di dunia lapangan kerja.

 

Kegiatan pengabdian diawali dengan penyuluhan yang dilakukan oleh tim pengabdian berlokasi di Badan Pengelolah Pajak dan Retribusi Daerah  (BPPRD) Kota Medan, Jl. Jenderal Besar A.H. Nasution No.32 pada tanggal 2 Juli 2018. Kegiatan ini merupakan pembekalan keilmuan mendasar yang diperlukan pada proses pelaksanaan updating objek PBB ke depannya. Dr Elisabet Siahaan, S.E., M.Ec dengan semangat memberikan materi etos kerja dan komunikasi yang efektif dalam upaya memotivasi pegawai lapangan updating data. Komunikasi yang efektif juga diperlukan dalam melakukan pendekatan dan mengajak partisipasi aktif warga. Kegiatan ini juga diisi oleh Ketua Masyarakat Penilai Indonesia (MAPPI) DPD Kota Medan sekaligus Alumni dari Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian Unviersitas Sumatera Utara (MMPP –USU), Ir. Taslim, MMPP, MAPPI (Cert) yang membawakan topik pengukuran dan penilaian objek PBB.

 

Kepala BPPRD Kota Medan, Drs. Zulkarnain, M.Si., dan Kepala Bidang BHP dan PBB, Zakaria Skom MM serta Kepada Sub Bagian  sangat mengapresiasi  dan berterimakasih atas kegiatan kemitraan yang dilakukan antara USU dengan BPPRD Kota Medan. “Kami akan memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan kemitraan ini”, ujar Kepala BPPRD Kota Medan dengan penuh antusias. Diharapkan pelaksanaan kegiatan ini akan semakin mengoptimalkan pendapatan daerah guna pembangunan Kota Medan semakin baik ke depannya.

 

“Kegiatan pengabdian ini tidak terbatas pada penyuluhan, kami juga telah dan tetap melakukan pendampingan kepada mitra, Unit BPPRD Medan Kota dan Medan Marelan, dalam melakukan kegiatan updating data” Ungkap Dr. Elisabet Siahaan, M.Ec. Pada saat kegiatan updating data, mitra bersama unit pelaksana dan kepala lingkungan berkunjung ke rumah warga. Komunikasi yang baik membuat warga aktif berpartisipasi dalam program yang dilakukan. Kehadiran kepala lingkungan meningkatkan unsur kepercayaan warga kepada petugas.

 

“Biasanya terjadi kesalahpahaman antara petugas dengan warga terkait pendataan ini” ungkap Bapak Fahri, Sektim Medan Kota. Program pendampingan yang dilakukan ini sangat membantu petugas, khususnya bagaimana berkomunikasi dengan warga serta menghitung luas yang tepat pada objek PBB yang dinilai. Optimalisasi pengukuran nilai juga menjadi semakin efektif dengan pembelajaran perhitungan luas dan pengukuran serta penilaian yang lebih baik lagi. “ Dengan adanya kegiatan pengabdian ini saya semakin mengetahui bagaimana cara mengukur objek pajak yang lebih akurat” ungkap Bapak Heri Sektim Medan Marelan.

 

Bapak Drs. Zulkarnain, M.Si., mewakili mitra, BPPRD Kota Medan, mengucapkan terima kasih dan sangat mengapresiasi program. Rasa terima kasih ini khususnya ditujukan kepada Lembaga Pengabdian Pelayanaan kepada Masyarakat (LPPM-USU) serta tim pengabdian atas kepeduliannya dalam meningkatkan efektivitas program pemerintah dan pembangunan Kota Medan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar ke depannya.

 

P 20180703 101749 preview