Slider

Lokakarya Penilaian Perkebunan

Lokakarya merupakan salah satu agenda rutin yang dipersiapkan Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP), Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (SPs USU) guna memberikan pengalaman penilaian kepada mahasiswa sebagai bekal dan kepatutan mereka sebagai seorang professional dalam bidang penilaian. Kegiatan ini dapat membantu pencapaian profil lulusan yang ditargetkan sebagai output dari MMPP-SPs USU, salah satunya adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional baik sebagai calon pakar properti, penilai properti, penilai bisnis, maupun peneliti properti.

 

IMG 0990

 

Pada kesempatan ini, Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP-SPs USU) mengangkat tema penilaian perkebunan sebagai tema kegiatan Lokakarya. Kegiatan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 21 dan 22 Juli 2017. Serangkaian acara dipersiapkan secara sistematis agar proses penyerapan keilmuan dan pengalaman dari peserta optimal. Pada hari pertama peserta dipersiapkan secara keilmuan dengan menerima bahan ajar sembari mengulang apa yang telah diperoleh selama perkuliahan. Materi yang diberikan pada hari pertama fokus membahas kajian yang akan diterapkan pada esok hari dalam menilai perkebunan. Pada hari kedua, peserta melakukan praktik lapangan dalam melakukan penilaian perkebunan di lokasi Desa Tambunan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara.

 

IMG 20170722 WA0044

Narasumber dan pendamping dari kegiatan lokakarya kali ini didatangkan dari komunitas Masyarakat Properti dan Penilai Indonesia (MAPPI), yaitu Ir. Taslim, MMPP., MAPPI (Cert) yang merupakan ketua MAPPI Sumatera Bagian Utara, dan Ir. Hamid Yusuf, MM., MAPPI (Cert) yang merupakan mantan ketua MAPPI Pusat-Jakarta. Kegiatan ini juga mengikutsertakan alumni MMPP yang berpengalaman sebagai pendamping mahasiswa dalam melakukan kegiatan penilaian perkebunan.

20245522 10207846007308440 5335044525603886616 n

 

Kegiatan lokakarya diawali dengan kata sambutan dari Sekretaris Program Studi MMPP-SPs USU, Dr. Elisabet Siahaan, S.E., M.Ec., yang memaparkan tujuan utama dari pelaksanaan kegiatan lokakarya ini adalah sebagai bekal pengetahuan dan pengalaman lapangan bagi mahasiswa dalam memberikan penilaian yang wajar terhadap aset perkebunan, khususnya nilai perkebunan berupa aset tanaman. Beliau sangat mengharapkan kedepannya lulusan MMPP akan semakin kuat bersaing dengan pengalaman dan kemampuan penilaian yang baik. Rangkaian acara selanjutnya adalah kata sambutan oleh Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S., Direktur Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini yang memberikan pembekalan pengalaman dan keilmuan dalam mempersiapkan kompetensi lulusan MMPP. Beliau mengajak mahasiswa untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti rangkaian kegiatan yang diberikan sehingga kegiatan ini menjadi momen dalam menggali ilmu dan pengalaman langsung dari nara sumber dan pendamping yang telah berpengalaman di bidangnya. Kegiatan ini adalah upaya mahasiswa SPs untuk mencari pengetahuan tersebut, oleh karena manfaatkanlah dengan sebaik mungkin. Harapan juga disampaikan beliau yaitu Program Studi MMPP ini yang merupakan satu-satunya program studi di Indonesia bisa dan mampu memberi kontribusi yang berarti untuk Sumatera Utara dan Indonesia serta kegiatan ini bisa memberi kontribusi untuk akreditasi program studi dan universitas.

 

IMG 0750

 

Rangkaian kegiatan setelah pembukaan oleh Sekretaris MMPP dan Direktur SPs USU adalah kegiatan pembekalan. Kegiatan pada hari pertama merupakan pembekalan materi yang dilaksanakan di Gedung Perkuliahan MMPP-SPs USU pada hari Jum’at, 21 Juli 2017. Materi utama yang diberikan pada pembekalan ini meliputi:

 

DSCF0003

 

Tahap lingkup penugasan

Lingkup penugasan memberikan pembekalan tentang hal-hal yang menjadi kewajiban dan harus diperhatikan dalam melakukan penilaian perkebunan.

 

Tahap implementasi

Implementasi penilaian meliputi teknik pelaksanaan inspeksi; penerapan pendekatan penilaian; dan penyusunan kertas kerja penilaian

 

Pelaporan penilaian

Pelaporan penilaian dilakukan dengan menggunakan dua bentuk, yaitu Short Form dan Laporan Long Form atau laporan lengkap Pengetahuan tentang aspek legal kepemilikan tanah atau bagian lain dari properti yang dinilai

  1. Pemahaman peraturan dan ketentuan legal lainnya terkait degan TRTB Pemko Medan
  1. Market overview property residensial dan komersial di Sumatera Utara
  2. Peserta dalam menjalani kegiatan pembekalan materi diberikan material pendukung yang akan digunakan dalam pembelajaran sekaligus akan diterapkan esok hari pada penilaian perkebunan langsung di lapangan. Material pendukung tersebut meliputi:
  1. Materi Pelatihan
  2. Berita acara pemeriksaan
  3. Form inspeksi
  4. Form reviewer
  5. Format Laporan Penilaian Perkebunan
  6. Format Laporan Penilaian Gudang
  7. Format Laporan Penilaian Rumah tinggal
  8. Standar MAPPI – Biaya Teknis Bangunan
  9. Standar MAPPI – Indeks Material
  10. Standar MAPPI – Indeks Lantai
  11. Standar MAPPI – Indeks Kemahalan Konstruksi
  12. Standar MAPPI – Form Bangunan Semi Permanen
  13. Standar MAPPI – Form Gudang
  14. Standar MAPPI – Form Kantor
  15. Standar MAPPI – Form Rumah Tinggal

 

2017 07 24 16.06.04

Kegiatan pada hari kedua, Sabtu, 22 Juli 2017, adalah praktik penilaian perkebunan di Desa Tambunan, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Peserta berkumpul di Gedung Perkuliahan MMPP pada pagi hari dan bersama-sama berangkat dengan bus yang telah dipersiapkan ke lokasi penilaian tersebut. Peserta bersama pendamping bersama-sama melakuka kegiatan penilaian, mulai dari inspeksi, pengumpulan data, pencarian data pembanding, serta menyusun laporan penilaian. Sebagai output dari pelaksanaan kegiatan lokakarya ini, peserta diminta untuk menyerahkan laporan baik dalam bentuk short form maupun long form yang diberikan selambat-lambatnya pada hari Rabu, 9 Agustus 2017.