Slider

Kuliah Umum Aspek Legal Kepemilikan Tanah atau Bagian Lain dari Properti yang Dinilai

Program Studi Magister Manajemen Properti dan Penilaian (MMPP), Sekolah Pascasarjana Universitas Sumatera Utara (SPs USU) secara rutin melaksanakan kegiatan-kegiatan akademik guna mendukung mahasiswa dalam memperoleh kompetensi dalam bidang properti dan penilaian sebagaimana target kompetensi lulusan yang diharapkan setelah lulus dari program studi. Salah satu program yang telah dipersiapkan MMPP-SPs USU dalam menjamin kompetensi lulusannya adalah dengan mengadakan kegiatan perkuliahan umum dengan mengundang pakar profesional sebagai narasumber yang selain berbagi kelimuan juga berbagi pengalaman dalam dunia profesional. Tujuan dari kegiatan perkuliahan umum ini adalah memperdalam dan memperluas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa MMPP USU dalam menganalisis obyek penilaian serta menambah kepatutan mereka sebagai seorang professional dalam bidang penilaian.

 

thumbnail2

 

Dalam perekonomian yang sangat maju saat ini penilaian properti dikatakan mempunyai berbagai fungsi antara lain digunakan dalam menentukan nilai ganti rugi akibat pembebasan tanah rakyat untuk kepentingan pemerintah/ umum, menentukan nilai ganti rugi untuk kepentingan asuransi, menentukan nilai jual obyek pajak dalam kaitannya dengan penghitungan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB); mengetahui berapakah kekayaan atau aset Negara untuk menentukan kemampuan membayar utang; menentukan nilai aset yang merupakan jaminan atau agunan bagi perbankan maupun BPPN dan lembaga keuangan lainnya; digunakan dalam penyusunan neraca negara maupun daerah. Uraian ini menunjukkan betapa pentingnya arti penilaian dan nilai untuk suatu properti/aset/harta kekayaan bagi pemerintah atau negara, daerah maupun pihak swasta. Keperluan yang besar akan jasa penilai disektor perbankan, non-perbankan, sektor swasta maupun negara sangat tinggi. Oleh karena itu Program Studi MMPP USU berusaha untuk selalu meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para mahasiswa MMPP akan penilaian agar alumni MMPP memiliki kompetensi unggul dalam penilaian maka akan dilakukan kuliah umum yang membahas topik tentang penilaian yang mengundang pakar penilaian yang profesional sebagai narasumber.

 

thumbnail1

 

Pada kesempata ini, MMPP SPs USU mengadakan kuliah umum dengan menghadirkan Ketua Umum Masyarakat Properti dan Penilai Indonesia (MAPPI), Ir. Okky Danuza, M.Sc, MAPPI (Cert), yang menyampaikan materi perkuliahan umum tentang aplikasi penilaian di dunia kerja sekaligus berbagi pengalaman tentang aktivitas dalam bidang properti dan penilaian. Kegiatan perkuliahan umum dilaksanakan di Ruang Aula 101 Gedung Lama Sekolah Pascasarjana USU pada hari Senin, 18 September 2017. Acara dihadiri oleh mahasiswa MMPP lintas angkatan, dosen-dosen MMPP, serta perwakilan dari pihak rektorat USU.

 

DSC03686

 

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh pembawa acara dan diteruskan dengan membawakan doa serta syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberkahi pelaksanaan kegiatan kuliah umum tersebut. Agenda selanjutnya adalah kata sambutan yang dibawakan oleh Wakil Rektor III Universitas Sumatera Utara, Drs. Mahyuddin K. M. Nasution, M.I.T., Ph.D., Bidang Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, dan Kerjasama. Beliau berharap bahwa kegiatan yang melibatkan kerjasama antara USU dengan MAPPI ini semakin giat dilaksanakan dalam upaya mendukung kompetensi diri mahasiswa MMPP USU dan mahasiswa USU secara umum. Selanjutnya kata sambutan dibawakan oleh Direktur Sekolah Pascasarjana USU, Prof. Dr. Robert Sibarani, M.S., yang menunjukkan apresiasinya pada kegiatan yang telah dilaksanakan guna meningkatkan mutu kualitas mahasiswa MMPP. Beliau mengharapkan kegiatan seperti ini rutin dilaksanakan dan mahasiwa mau mengikuti kegiatan dengan bersungguh-sungguh sembari menggali sebanyak mungkin pengetahuan dan pengalaman yang bisa diambil dari nara sumber. Agenda selanjutnya adalah kata sambutan dari Ketua Umum MAPPI, Ir. Okky Danuza, M.Sc, MAPPI (Cert), yang menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap kegiatan-kegiatan serta keterlibatan USU dan MAPPI dalam membangun kerjasama yang positif.

 

DSC03758

 

Kuliah Umum dilaksanakan di Gedung Lama Sekolah Pascasarjana USU Ruang Aula 101 pada hari Senin, tanggal 18 September 2017.

Kegiatan ini juga sekaligus menjadi momentum dalam penandatanganan kontrak perpanjangan Memorandum of Understanding (MoU) dan Memorandum of Agreement (MoA) antara pihak Universitas Sumatera Utara dan MAPPI selama lima tahun ke depan. Penandatanganan dilakukan oleh Drs. Mahyuddin K. M. Nasution, M.I.T., Ph.D. dari pihak USU dan Ir. Okky Danuza, M.Sc, MAPPI (Cert) dari pihak MAPPI.

 

21557639 10210200654949672 1776039487377901104 n

 

Kegiatan perkuliahan umum diawali dengan penyambutan mahasiswa baru Angkatan ke-6 MMPP SPs USU yang dibawakan oleh Sekretaris Program Studi MMPP, Dr. Elisabet Siahaan, S.E., M.Ec. Dalam sambutannya beliau menyampaikan pesan dan motivasi kepada mahasiswa baru untuk lebih giat dalam menghadapi persaingan yang semakin maju. Beliau juga memberi contoh kegiatan perkuliahan umum sebagai momentum bagi mahasiswa untuk menggali sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman dari nara sumber, dari ahli dan pakar dalam bidang properti dan penilaian. Kegiaan dilanjutkan dengan perkuliahan umum yang dibawakan oleh Ir. Okky Danuza, M.Sc, MAPPI (Cert), serah terima kepengurusan ikatan mahasiswa MMPP dari angkatan 5 ke angkatan 6, dan penutup.