Slider

Lokakarya Penilaian Bisnis Perjanjian Bangun, Guna, Serah (Build, Operate And Transfer)

Salah satu tujuan Program Studi MMPP adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional baik sebagai calon pakar properti, penilai properti, penilai bisnis, maupun peneliti properti. Dalam upaya pencapaian tujuan tersebut, perlu dilakukan lokakarya penilaian properti. Lokakarya kali ini ditujukan untuk menambah pengetahuan serta praktek penilaian properti dalam lingkup penilaian sistem Build Operate and Transfer (BOT) atau Perjanjian Bangun Guna Serah (BGS). Pertumbuhan ekonomi suatu negara sangat dipengaruhi oleh kelengkapan infrastruktur nya. Salah satu cara pembiayaan proyek infrastruktur yang sering dilakukan pemerintah Indonesia adalah dengan mengajak pihak swasta untuk berpartisipasi dalam pengadaan proyek pemerintah dengan sistem Build Operate and Transfer (BOT) atau Perjanjian Bangun Guna Serah (BGS).

 

20171209 1208471

 

Pembiayaan proyek dengan Perjanjian BOT/BGS ini mencakup studi kelayakan, pengadaan barang, pembiayaan, sampai dengan pengoperasian. Build Operate and Transfer (BOT) merupakan Pemanfaatan Barang Milik Negara/Daerah berupa tanah oleh pihak lain dengan cara mendirikan bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya, kemudian didayagunakan oleh pihak lain tersebut dalam jangka waktu tertentu yang telah disepakati, untuk selanjutnya diserahkan kembali tanah beserta bangunan dan/atau sarana berikut fasilitasnya setelah berakhirnya jangka waktu.

 

S 251863052

 

Jadi, perjanjian BOT/BGS ini merupakan suatu konsep di mana proyek dibangun atas biaya sepenuhnya dari perusahaan swasta, beberapa perusahaan swasta atau kerjasama dengan BUMN dan setelah dibangun, dioperasikan oleh kontraktor dan setelah tahapan pengoperasian selesai sebagaimana ditentukan dalam perjanjian BOT, kemudian dilakukan pengalihan proyek kepada pemerintah selaku pemilik proyek.

 

Lokakarya ini akan  menambah pengetahuan serta memberi pengalaman penilaian properti dalam lingkup bisnis  Build Operate and Transfer (BOT). Lokakarya ini diharapkan  mampu sebagai bekal, suplemen, dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  mereka sebagai seorang professional dalam bidang penilaian bisnis. BOT merupakan salah satu cara pembiayaan proyek infrastruktur yang sering dilakukan saat ini antara pemerintah dengan pihak swasta sehingga pembangunan infrastruktur terwujud dan investasi semakin baik di Indonesia. Oleh karena itu penting di ketahui oleh mahasiswa MMPP bagaimana proses penilaian terjadi sehingga bagi hasil di antara pemerintah dan pihak swasta terjadi dengan win win solution.

 

IMG 20171209 WA0016

Lokakarya ini mendatangkan narasumber dari Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI)  Sumbagut  Ir. Taslim, MMPP, MAPPI (Cert) Kegiatan lokakarya dilaksanakan pada hari Sabtu (25 November 2017). Kegiatan lokakarya akan dilaksanakan di Aula 101 Gedung Lama Sekolah Pascasarjana USU.

 

Maksud dan tujuan kegiatan lokakarya ini adalah memberi pengalaman penilaian kepada dosen, mahasiswa, dan alumni sebagai bekal, suplemen, dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan  mereka sebagai seorang professional dalam bidang penilaian.